Untuk menyelaraskan dan menajamkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Selasa (18/3) pagi menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan RKPD di Auditorium Kantor Bupati Kabupaten Parigi Moutong.
Musrenbang Kabupaten Parigi Moutong resmi dibuka oleh Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu. Dalam Musrenbang itu selain diikuti oleh para Kepala SKPD maupun kepala unit kerja di lingkungan Sekretariat Daerah, juga dihadiri oleh forum koordinasi pimpinan daerah termasuk Anggota DPRD Kabupaten Parigi Moutong, Unsur Kecamatan dan Kelurahan .

Kepala BAPPEDA Hamka Lagala, SE.,MH mengatakan, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Parigi Moutong  Tahun 2015 harus sejalan dengan prioritas pembangunan jangka menengah daerah. Sesuai dengan tema musrenbang tahun ini, Prioritas pembangunan daerah tahun 2015 diarahkan pada percepatan Penurunan Angka Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi, Ketersediaan Lapangan Kerja, Pendidikan, Kesehatan dan  pembangunan infrastruktur menuju dan di dalam kawasan pariwisata serta akses menuju daerah pertanian sehingga dapat meningkatkan kapasitas produksi pertanian dan peningkatan pada jumlah kunjungan wisatawan.

Disamping hal tersebut diatas, Kepala BAPPEDA menyampaikan komitmen pemerintah daerah tidak sebatas pada sektor tersebut, namun secara umum menyentuh hampir seluruh sektor pembangunan seperti, daerah rawan bencana, lingkungan hidup, pemberdayaan masyarakat dan perempuan, UMKM dan Koperasi, kesenjangan sosial, pengangguran, kemiskinan, investasi dan berbagai aspek lainnya.

Pada tahun 2015, Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong menetapkan 7 (tuju) prioritas pembangunan Daerah sesuai dengan kondisi saat ini, diantaranya :
1.    Ketertinggalan Daerah
2.    Percepatan Pengentasan Kemiskinan
3.    Peningkatan Sektor Pendidikan dan Kesehatan dan Keagamaan
4.    Infrastruktur pada kawasan Pertanian, Perkebunan, Perikanan, Pendidikan, Kesehatan  dan Parawisata.
5.    Inovasi guna mendukung daya saing daerah dan Pengembangan Kawasan Strategis
6.    Masih kurangnya Jangkauan layanan Dasar di perdesaan
7.    Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan Daerah


0
0
0
s2sdefault