Jumat, 11 April 2014 bertempat di ruang rapat kantor Bappeda Kab. Parigi Moutong Tim Pokja AMPL Kabupaten Parigi Moutong mengadakan Rapat Koordinasi Kegiatan Pelaksanaan Pamsimas Tahun 2013 dan Persiapan Kegiatan Pamsimas Tahun 2014.


Rapat yang dibuka oleh Wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Nggai, SE, dihadiri oleh SKPD terkait, fasilitator desa dan sejumlah kepala desa.


Program Pamsimas  bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan. Dengan  Pamsimas, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.


Pada Tahun 2013 Pamsimas II di Kabupaten Parigi Moutong melalui alokasi dana APBD sebanyak 4 desa, sedangkan alokasi dana melalui Pemerintah Pusat (APBN) sebanyak 10 desa. Dalam pelaksanaan fisik Program Pamsimas II di Kabupaten Parigi Moutong sampai akhir Desember 2013 mengalami keterlambatan (permasalahan), hal ini disebabkan antara lain :
•    Keterlambatan DIPA (DIPA diterima Bulan November 2013).
•    Keterlambatan pipa jaringan distribusi.
•    Kondisi cuaca dilokasi sering hujan.
•    Masyarakat didesa tertentu pada Bulan Desember adanya kesibukan Hari Raya Natal 


Dari rekapitulasi hasil penilaian proposal sebanyak 18 desa diusulkan pada tahun 2014. Kesiapan APBD Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong Pamsimas II Tahun 2014 terdiri dari 4 desa sasaran, sedangkan 13 desa diusulkan melalui alokasi dana APBN.

0
0
0
s2sdefault