Seminar hasil Iptek Bagi Wilayah (IBW) Penelitian dan Pengembangan Pengobatan Kanker Stadium Awal/Akhir Tanaman Kakao di Kecamatan Bolano Lambunu Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2016 diselenggarakan pada tanggal 15 September 2016 bertempat di Aula  Bappeda Kab. Parigi Moutong.

Peserta seminar terdiri dari Lembaga penelitian dan pengembangan masyarakat Perguruan Tinggi Negeri Universitas Tadulako, SKPD Kabupaten Parigi Moutong dan Kelompok Tani. Seminar dibuka oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Ir. Lewis.

Dewan kakao Sulteng DR. Rosida P Adam, SE., MP selaku narasumber mengatakan dalam laporannya bahwa sentra tanaman kakao di Sulawesi Tengah terdapat di Kabupaten Parigi Moutong, Poso dan Sigi. Sulawesi Tengah merupakan salah satu provinsi yang mengandalkan tanaman kakao sebagai sumber pendapatan asli daerah dengan luas  perkebunan mencapai 284.125 ha dengan total produksi biji kering sebesar 195.845 ton. Dengan demikian tingkat produktivitas yang diusahakan peteni sebesar 0,69 ton/ha. Tingkat produktivitas tersebut masih sangat rendah bila dibandingkan dengan potensi rata-rata nasional mencapai 2,0 – 2,5 ton/ha/tahun.

a. Sasaran seminar:

   1. Survey lokasi kegiatan penelitian dan pengembangan tanaman kakao

   2. Identifikasi kelompok tani kakao

   3. Pelatihan pembuatan pupuk cair organik pembasmi hama dan kanker

       pada tanaman kakao

   4. Peninjauan proses fermentasi pupuk cair organic

   5. Mengaplikasikan pupuk cair organic pembasmi hama dan kanker

       pada tanaman kakao

   6. Menerapkan dan mengevaluasi tingkat efektivitas pupuk cairorganik

b. Tujuan Seminar:

    Untuk mendorong pertumbuhan dan pendayagunaan sumber daya iptek

    secara lebih efektif

0
0
0
s2sdefault